Setelah Belajar Menempatkan File Pada Situs, langkah selanjutnya adalah belajar mengoptimalkan halaman situs untuk mencapai rangking yang tinggi di google. Hal ini sangatlah penting, bahkan menjadi pusat perhatian para SEOs (Search Engine Optimizers). Google akan menganalisa seberapa relevannya halaman web anda dengan kata yang dicari, dan juga relevansinya dengan link yang merujuk ke situs kita dari situs lain.
Perlu juga di perhatikan, bukan hanya file HTML saja yang perlu di optimalkan, jika situs anda mengandung file PDF, Word dan file ini bisa ditemukan oleh google, maka file-file ini juga akan diikutkan dalam faktor perhitungan rangking anda di google.
Faktor Keyword Dalam Algorithma Perangkingan
Faktor-faktor berikut yang ikut menentukan dalam algorithma perangkingan google untuk mengukur tingkat relevansi. Google akan menganalisa faktor keyword dan memberikan score untuk setiap halaman secara terpisah.Berikut ini faktor-faktor yang yang ikut berperan, diurutkan berdasarkan tingkat kepentingannya, akan tetapi perlu diingat bahwa algorithma google selalu berubah.
Kedekatan Keyword
Google akan melihat setiap kata, untuk menentukan phrase. Keyword proximity adalah pengukuran kata dalam tingkat keterkaitannya atau kedekatannya atas subjek yang dicari. Semakin dekat hubungannya kata-kata yang digunakan, semakin benar urutannya maka akan semakin baik pula rangkingnya.
Contoh : jika seseorang melakukan pencarian menggunakan kata "design rumah adat". Google akan memberikan nilai yang tinggi jika halaman anda mengandung kata "design rumah adat" dari pada jika halaman anda mengandung kata "design gedung dan rumah adat".
Akan tetapi karena didalam halaman anda mengandung ketiga kata yang dicari, maka halaman anda tetap akan memperoleh nilai. Inilah yang dimaksud dengan keyword proximity.
Penempatan Keyword
Yaitu dibagian mana keywords di tempatkan pada halaman. Google akan melihat kewords pada judul halaman, headings, body text, links, alt image text, dropdown boxes, nama file, dan nama domains.
Penempatan Keyword di bagian-bagian yang menonjol
Yaitu penempatan keyword pada bagian-bagian atau tempat-tempat yang menonjol. Penempatan keywords pada Heading 1 (H1) dan pada paragraph pertama halaman adalah yang terbaik.
Jumlah Keyword
Atau bisa disebut juga keyword weigth, adalah jumlah keyword yang ditemukan pada halaman dibagi dengan jumlah seluruh kata yang terdapat pada halaman. Ada beberapa hal yang bisa membingungkan dalam perhitungan ini, beberapa program akan melihat di tempat dan dengan cara yang berbeda dalam menghitung keyword density.
Tidak ada jumlah yang ideal untuk keyword density ini, 6-20 % cukup bagus. Jangan sampai halaman anda dianggap spam, karena terlalu banyak menggunakan keyword. Dengan kata lain, jangan penuhi halaman hanya dengan keyword, bukan hanya pembaca anda akan menganggap bahwa situs kita adalah situs amatiran.
Bahkan google mungkin akan mempenalti situs. Belum jelas apakah google menghitung keyword density ini perhalaman atau dari setiap halaman atau mungkin juga keduanya untuk dalam algorithma perangkingan.
Faktor jumlah keyword ini sangat penting pada masa yang lalu, anda mungkin masih menjumpai beberapa literatur yang menekankan pentingnya fator ini. Untuk google (setidaknya akhir-akhir ini) ini tidak lagi terlalu penting, akan tetapi kemungkinan bisa berubah. Salah satu tool yang bisa digunakan untuk menghitung keyword density adalah di http://www.keyworddensity.com
Format Keyword
Yaitu pengukuran dengan cara melihat apakah keyword dicetak tebal, miring. Tempat yang terbaik untuk menempatkan keyword adalah pada pragraph pertama. Masalah pencetakan keyword ini bukanlah yang sangat penting, tetapi akan sedikit membantu.
Belajar membuat Judul (TITLE)
Bila ada tempat yang paling penting dimana keyword harus berada, itu adalah pada judul (title), yaitu berada antara TITLE ../TITLE tags pada HEAD section. Judul halaman (jangan salah membedakannya dengan heading) adalah apa yang akan tertera pada title bar pada browser, dan juga apa yang akan tertera bila membookmark halaman tersebut.
Penggunaan keywords yang benar pada setiap judul halaman sangat menentukan pada google, terutama pada home page. Jika tidak ingin melakukan hal lain untuk mengoptimalkan situs, setidaknya lakukanlah hal ini.
Juga yang harus diingat "Keywords" META tag akan diabaikan oleh google. Konsentrasikan perhatian pada judul dari setiap halaman, pastikan bahwa setiap judul halaman mengandung keyword yang tepat.
Judul seharusnya tidak lebih dari 9 sampai 60 kata, dengan keywords digunakan pada awal setiap judul. Karena google mencari keyword yang relevan pada judul, ini berarti bahwa anda sebaiknya jangan menyertakan nama perusahaan.
Kecuali bila nama nama perusahaan anda sudah dikenal dan dijadikan trade mark, seperti Disney, Nike, Yahoo. Bila anda memang ingin memasukkan nama perusahaan tempatkanlah di akhir. Setiap judul haruslah unik, jangan sampai terjadi duplikasi.
Bila anda mengingat satu kata pada seluruh halaman ini-hafalkan pada ingatan anda.
Faktor penggunaan judul yang salah dan tidak konsisten, akan menurunkan rangking anda di google, kecuali anda memiliki isi yang relevan dan link yang berkualitas dari situs lain.
Tabel berikut menunjukkan mana penggunaan yang salah dan mana yang benar pada situs yang menjual house plans. Anda bisanya melihat situs yang menggunakan "Home" pada judul home page, google akan mengira bahwa situs ini tentang homes (rumah/perumahan).
Seperti yang anda lihat, anda harus menggunakan keyword yang relevan pada setiap judul halaman situs anda.
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat judul:
Perlu juga di perhatikan, bukan hanya file HTML saja yang perlu di optimalkan, jika situs anda mengandung file PDF, Word dan file ini bisa ditemukan oleh google, maka file-file ini juga akan diikutkan dalam faktor perhitungan rangking anda di google.
Faktor Keyword Dalam Algorithma Perangkingan
Faktor-faktor berikut yang ikut menentukan dalam algorithma perangkingan google untuk mengukur tingkat relevansi. Google akan menganalisa faktor keyword dan memberikan score untuk setiap halaman secara terpisah.Berikut ini faktor-faktor yang yang ikut berperan, diurutkan berdasarkan tingkat kepentingannya, akan tetapi perlu diingat bahwa algorithma google selalu berubah.
Kedekatan Keyword
Google akan melihat setiap kata, untuk menentukan phrase. Keyword proximity adalah pengukuran kata dalam tingkat keterkaitannya atau kedekatannya atas subjek yang dicari. Semakin dekat hubungannya kata-kata yang digunakan, semakin benar urutannya maka akan semakin baik pula rangkingnya.
Contoh : jika seseorang melakukan pencarian menggunakan kata "design rumah adat". Google akan memberikan nilai yang tinggi jika halaman anda mengandung kata "design rumah adat" dari pada jika halaman anda mengandung kata "design gedung dan rumah adat".
Akan tetapi karena didalam halaman anda mengandung ketiga kata yang dicari, maka halaman anda tetap akan memperoleh nilai. Inilah yang dimaksud dengan keyword proximity.
Penempatan Keyword
Yaitu dibagian mana keywords di tempatkan pada halaman. Google akan melihat kewords pada judul halaman, headings, body text, links, alt image text, dropdown boxes, nama file, dan nama domains.
Penempatan Keyword di bagian-bagian yang menonjol
Yaitu penempatan keyword pada bagian-bagian atau tempat-tempat yang menonjol. Penempatan keywords pada Heading 1 (H1) dan pada paragraph pertama halaman adalah yang terbaik.
Jumlah Keyword
Atau bisa disebut juga keyword weigth, adalah jumlah keyword yang ditemukan pada halaman dibagi dengan jumlah seluruh kata yang terdapat pada halaman. Ada beberapa hal yang bisa membingungkan dalam perhitungan ini, beberapa program akan melihat di tempat dan dengan cara yang berbeda dalam menghitung keyword density.
Tidak ada jumlah yang ideal untuk keyword density ini, 6-20 % cukup bagus. Jangan sampai halaman anda dianggap spam, karena terlalu banyak menggunakan keyword. Dengan kata lain, jangan penuhi halaman hanya dengan keyword, bukan hanya pembaca anda akan menganggap bahwa situs kita adalah situs amatiran.
Bahkan google mungkin akan mempenalti situs. Belum jelas apakah google menghitung keyword density ini perhalaman atau dari setiap halaman atau mungkin juga keduanya untuk dalam algorithma perangkingan.
Faktor jumlah keyword ini sangat penting pada masa yang lalu, anda mungkin masih menjumpai beberapa literatur yang menekankan pentingnya fator ini. Untuk google (setidaknya akhir-akhir ini) ini tidak lagi terlalu penting, akan tetapi kemungkinan bisa berubah. Salah satu tool yang bisa digunakan untuk menghitung keyword density adalah di http://www.keyworddensity.com
Format Keyword
Yaitu pengukuran dengan cara melihat apakah keyword dicetak tebal, miring. Tempat yang terbaik untuk menempatkan keyword adalah pada pragraph pertama. Masalah pencetakan keyword ini bukanlah yang sangat penting, tetapi akan sedikit membantu.
Belajar membuat Judul (TITLE)
Bila ada tempat yang paling penting dimana keyword harus berada, itu adalah pada judul (title), yaitu berada antara TITLE ../TITLE tags pada HEAD section. Judul halaman (jangan salah membedakannya dengan heading) adalah apa yang akan tertera pada title bar pada browser, dan juga apa yang akan tertera bila membookmark halaman tersebut.Penggunaan keywords yang benar pada setiap judul halaman sangat menentukan pada google, terutama pada home page. Jika tidak ingin melakukan hal lain untuk mengoptimalkan situs, setidaknya lakukanlah hal ini.
Juga yang harus diingat "Keywords" META tag akan diabaikan oleh google. Konsentrasikan perhatian pada judul dari setiap halaman, pastikan bahwa setiap judul halaman mengandung keyword yang tepat.
Judul seharusnya tidak lebih dari 9 sampai 60 kata, dengan keywords digunakan pada awal setiap judul. Karena google mencari keyword yang relevan pada judul, ini berarti bahwa anda sebaiknya jangan menyertakan nama perusahaan.
Kecuali bila nama nama perusahaan anda sudah dikenal dan dijadikan trade mark, seperti Disney, Nike, Yahoo. Bila anda memang ingin memasukkan nama perusahaan tempatkanlah di akhir. Setiap judul haruslah unik, jangan sampai terjadi duplikasi.
Bila anda mengingat satu kata pada seluruh halaman ini-hafalkan pada ingatan anda.
Faktor penggunaan judul yang salah dan tidak konsisten, akan menurunkan rangking anda di google, kecuali anda memiliki isi yang relevan dan link yang berkualitas dari situs lain.
Tabel berikut menunjukkan mana penggunaan yang salah dan mana yang benar pada situs yang menjual house plans. Anda bisanya melihat situs yang menggunakan "Home" pada judul home page, google akan mengira bahwa situs ini tentang homes (rumah/perumahan).
Web Page | Judul yang salah | Judul yang benar |
Halaman Depan | Home | Design Rumah Unik |
Halaman Kontak | Contact Us | Hubungi kami untuk pertanyaan tentang Design rumah kami |
Tentang Kami | About Us | Kami adalah pembuat design rumah |
Halaman Link | Links | Link untuk informasi lebih lanjut tentang design rumah |
Seperti yang anda lihat, anda harus menggunakan keyword yang relevan pada setiap judul halaman situs anda.
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat judul:
- Setiap halaman mempunyai judul yang unik
- Usahakan untuk menyertakan Keyword Phrase Primer anda
- Mulailah dengan home page yang menyertakan Keyword Phrase Primer, diikuti Keyword Phrase Sekunder.
- Gunakan variasi yang spesifik untuk keyword phrase primer pada produk, jasa, atau isi halaman.
- Jika harus mengikutkan nama perusahaan, tempatkan di akhir kalimat.
- Jangan berlebihanmenggunakan keyword, jangan mengulang lebih dari 2-3 kali pada judul.
- Pastikan (TITLE) tags adalah element pertama pada section HEAD, ini memudahkan google menemukannya.
Posting Komentar
Posting Komentar